-->

Notification

×

Iklan

Iklan-ADS

Iklan

Iklan-ADS

Pemdes Karawana Salurkan BLT DD ke 66 KPM

Minggu, 06 Agustus 2023 | Agustus 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-06T13:35:44Z

 


Fajarsulteng.com, Sigi - Pemerintah Desa Karawana Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi kembali menyalurkan bantuan langsung tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap III, sebanyak 66 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kantor Balai Desa Karawana, Sabtu 5 Agustus 2023.



Kepala Desa Karawana Abd. Rahman menyampaikan bantuan langsung tunai (BLT) DD tahun 2023 diberikan kepada 66 orang yang berhak dari dana 242 juta, dengan sasaran yang diberikan yaitu lansia, dan masyarakat yang miskin ekstrim sesuai regulasi yang telah ditetapkan.


Menurutnya, untuk penerima BLT di tahun 2023 ini, otomatis penerima bantuan tetap mengacu dari pusat 25% dari anggaran dikeluarkan itu masih terfokus pada penerima. Dan kemudian ditahun 2024 tetap menunggu aturan atau regulasi apakah nanti pemerintah akan merubah sistem yang digunakan. 


Apabila ada perubahan, otomatis dari 66 orang penerima itu akan dikurangi berdasarkan presentase atau mungkin akan diturunkan dari 25% atau 20% atau mentok di 10% tergantung dari aturan ada nantinya. Nah kalau terfokus pada 25%, sementara masyarakat  penerima BLT ada yang sudah memiliki pekerjaan berarti sudah tidak relevan lagi dengan program pemerintah sesuai dengan apa yang diberikan oleh masyarakat.


Selanjutnya dari program yang diberikan pemerintah pusat, baik BLT, PKH apapun namanya bantuan otomatis harapan kita selaku Pemerintah Desa, harusnya mereka gunakan sesuai dengan kebutuhannya. Apalagi kemarin  Sigi ini termaksud daerah yang masih dalam lingkaran  bencana gempa 2018, ditambah lagi dengan Covid 19, sehingga program pemerintah itu mereka kucurkan lagi program bantuan langsung tunai (BLT). Kemudian ada bantuan ketahanan pangan 20 persen, olehnya anggaran DD 2023  pemerintah pusat memprogramkan bahwa 25% , BLT,  20% ketahanan pangan dan 3% itu operasional pemerintah desa, 


"Nah kalau kami Desa Karawana di tahun ini, dana 3% ini kami fokuskan untuk pembelian umbul - umbul, kemudian dana kami berikan kepada masyarakat yang meninggal. Jadi kami tidak mengunakan dana itu untuk perjalanan keluar daerah atau lainnya, dan terfokus untuk pembelian umbul umbul apalagi dalam mengahadapi HUT RI ke 78," ujar Rahman.


Terpisah, Nurfan warga dusun III, penerima BLT mengatakan, dengan bantuan ini, tentunya sangat bersyukur dan terbantukan dari pemerintah. 


"Jadi dengan bantuan senilai Rp 900 ribu ini, untuk digunakan kebutuhan pokok seperti beras dan lauk pauk lainnya," ujarnya. (Iwan)

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini